Selamat Datang di www.elfaizz.blogspot.com semoga apa yang kami suguhkan bermanfaat, Kami mohon ma'af apabila masih banyak kekurangan dan kesalahan, Kritik dan saran sangat kami harapkan

Kamis, 20 Oktober 2011

ANAK SUSAH BELAJAR

October 17, 2011


Assalamu’alaikum Mam Fifi,
Saya orangtua anak perempuan yang sekarang duduk di kelas 6 SD dan sekaligus mengajar di SMPN 1 Telagasari (mapel matematika), suami saya wirausaha. Pertanyaan saya bagaimana tips dan trik anak yang susah skali belajar, dan sebentar lagi akan menghadapi UAN. Meski sudah saya buatkan jadwal belajar dirumah dan sedikit-sedikit membantu membereskan rumah dengan tujuan untuk mebiasakan anak disiplin. Saya perhatikan dia seneng Bahasa Inggris tetapi dia benci matematika karena nggak hapal perkalian. Kalo masalah sholat dan mengaji sudah terbiasa dia dilaksanakan sesuai jadwal.
Jazakillah Mam Fifi sebelumnya.
Jawab :
Walaykumsalam warahmatullahi wabarakatuh,
Ibu Sri yang dicintai Allah, semoga ibu sekeluarga sehat dan selalu dalam ibadah kepada Allah SWT.
Menjawab pertanyaan ibu mengenai anak yang susah dan malas belajar, saya berpikir simpel saja bu. Siapapun akan malas mengerjakan sesuatu bila dia tidak menyukai sesuatu itu dan sebaliknya dia  akan gemar melakukannya bila dia mencintainya.
Ketika seorang anak tidak menyukai atau mencintai suatu hal bisa dimotivasi dengan menjelaskan mengenai kegunanan dan hasilnya dari hal tersebut, yang kita inginkan dan yakin akan baik bagi kita. Saran saya, Ibu beri dia motivasi dan mungkin juga sedikit ancaman. Misalnya jelaskan bahwa dia harus belajar karena belajar itu penting untuk dia yang sebentar lagi ujian. Dan bila ujian selesai semua ilmu yang telah dia pelajari tidak akan sia-sia, justru akan berguna untuk dipakai saat masuk sekolah yang diinginkan dan bahkan untuk dimasa yang akan datang. Selain itu Ibu juga dapat sedikit mengancam bahwa bila tidak belajar maka ia tidak akan naik kelas atau tidak akan dapat masuk ke sekolah favorit yang diinginkannya dan akan tertinggal dari teman-temannya.
Ajarkan anak untuk bertanggungjawab atas semua yang dilakukannya dalam apapun termasuk pilihannya untuk tidak belajar. Lalu tekankan juga bahwa jika dia tidak belajar dan tidak naik kelas maka nanti dia akan sekelas lagi dengan adik kelasnya dan bisa jadi bila tidak naik lagi karena tidak juga belajar maka dia akan tetap terus duduk di kelas 6 sementara kawan-kawannya semua sudah duduk di kelas 1 SMP, di lingkungan baru yang lebih baik dan menyenangkan.
Ibu motivasi juga dengan menyatakan belajar saja semampunya, tidak harus mencapai nilai yang paling tinggi tetapi berusaha untuk memahami apa yang diajarkan karena ini untuk bekal kamu bila nanti ayah dan ibu sudah tidak ada. Lalu soal nilai akhir serahkan pada Allah, selain belajar dan berusaha untuk memahami pelajaran tuntunlah anak untuk berdoa agar diberi kemudahan dalam belajar dan melaksanakan ujian. Sebaiknya Ibu mendampingi anak ibu dan membantu menyelesaikan soal-soal dan katakan bahwa “engkau pasti bisa nak, tidak ada hal yang tidak bisa dipelajari.” Berilah motivasi yang positif sehingga anak akan lebih bersemangat.
Semoga dapat membantu Ibu Sri, salam untuk ananda semoga dapat menyelesaikan UAN dengan baik, Aamiin.

sumber
http://jisc.eramuslim.com/wp/anak-susah-belajar/
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar