Selamat Datang di www.elfaizz.blogspot.com semoga apa yang kami suguhkan bermanfaat, Kami mohon ma'af apabila masih banyak kekurangan dan kesalahan, Kritik dan saran sangat kami harapkan

Senin, 27 Februari 2012

Allah Beserta Orang-Orang yang Sabar

Kadang kita tidak menyadari, sudah berapa banyak do´a yang kita terima, dan siapa sajakah yang telah berdo´a untuk kita. Sering kali kita terlupa, bahwa suatu pekerjaan atau semua cobaan yang Allah berikan pada kita dapat kita lalui dengan baik, walaupun tanpa nilai, seperti seorang guru menilai hasil ujian murid-muridnya.Tapi semua itu dapat kita lalui walau dalam kurun waktu yang sangat lama.
Beberapa hal yang tidak sengaja masuk dalam ingatan saya, tentang peristiwa teman saya.
Dia sudah menganggap saya sebagai saudaranya, dia menginginkan saya menjadi tempat curhatnya, maka dengan enaknya dia menceritakan semua masalahnya, dari mulai masalah nya sejak kecil sampai masalah dalam rumah tangganya, dan yang lebih berat lagi mungkin, masalah yang saat ini harus dia hadapi, yaitu Kuliah.
Dengan umur yang hampir mendekati kepala 4, dia masih harus pula kuliah, di samping harus merawat anak-anaknya seorang diri.Ketika saya tanya " kenapa dia masih kuliah, padahal kondisinya sudah tidak memadai " jawabnya singkat dan padat " demi untuk menghidupi anak-anaknya ."yah karna yang saya tahu dia tidak bersama lagi dengan suaminya, dia bilang " untuk apa kita menjadikan Imam di rumah kita, seseorang yang tidak lagi mengikuti aturan agama dengan baik "
Sedih sekali saya membaca ceritanya, tapi saya tidak dapat berbuat apa-apa, apa lagi jarak yang sangat jauh memisahkan kita, perkenalan saya dengannya pun hanya lewat dunia maya, jadi saya tidak dapat banyak berbuat apa-apa, kecuali memeberinya kekuatan dengan sedikit masukan.
Saya katakan padanya, banyak lah berdo´a dan memohon agar Allah meringankan semua cobaan yang di berikan Nya pada mu.
Hanya itu yang dapat saya katakan, dan tak lupa sayapun mengakhiri dengan memberi semangat, karna semua orang dekat kita, akan berdo´a untuk kita.Juga saya senantiasa mengingatkan padanya bahwa " Sesudah kesulitan ada kemudahan."
Karna sesungguhnya Allah tidak akan memberi cobaan kepada setiap hamba-Nya kecuali sesuai dengan kemampuannya.
Dalam surah Alam Nasyrah, ayat 5 dan 6 Allah SWT menegas kepada semua Hamba-hamba-Nya, " Karena sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan "
" Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan "
Allah swt menekankan pada setiap hamba Nya agar senantiasa bersabar dengan apa yang telah di berikannya, dan Allah menjanjikan pahala bagi mereka yang senantiasa bersabar.
Surah di atas membuktikan, bahwa Allah tidak akan meninggalkan kita begitu saja setelah Allah memberikan cobaan.Kemudahan itu akan datang seiring dengan berjalannya waktu yang telah di tentukan oleh Nya.Dan sabar tiada batasnya.
Namun ingatlah teman, bila kita telah selesai dengan masalah yang satu, maka akan datang lagi masalah yang lain, begitulah kehidupan di dunia ini, silih berganti dan tak pernah behenti, hingga Allah memanggil kita nanti.
" Maka apa bila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan ), kerjakanlah dengan
sungguh-sungguh (urusan ) yang lain " QS.94: 7
Namun yang harus kita pertanyakan, sudah cukupkah kita berdo´a kepada Nya, memohon agar di beri kekuatan, dan kesungguhan kita dalam berdo´a, menjadi target, bahwa kita yakin Allah SWT akan menolong kita, meskipun tidak langsung, tapi akan datang pertolongan itu.
Bila memang pertolongan itu tidak datang di dunia ini, maka Allah SWT akan menolong kita di Akhirat kelak.Karna setiap cobaan yang Allah berikan kepada kita, menjadi pemberat amalan-amalan kita di Akhirat kelak, bila kita melaluinya dengan sabar.
Rosulullah sendiri tidak pernah lepas berdo´a, padahal Beliau adalah kekasih Allah swt, dan Allah telah mengampuni semua dosa-dosanya dan di jamin masuk syurga pula. Namun Beliau tidak pernah melewati hari-harinya dengan berdo´a dan bersujud di sepertiga malam.
Karna sesungguhnya, setiap do´a yang kita mintakan kepada Yang Maha Kuasa tidak akan pernah tidak terkabulkan, Allah sangat senang bila hamba-hamba Nya memohon dan meminta, sebanyak apapun yang kita minta tak akan pernah di tolaknya, karna Allah Maha Kaya dan Maha Memiliki Segalanya.
Bersabarlah teman dengan apa yang telah di tentukan oleh Sang Penguasa Alam jagad raya ini, Karna Dia Maha Tahu atas segala yang kita derita.
Yakinlah bahwa Allah SWT tidak akan meninggalkan kita dalam kesedihan dan tidak akan membiarkan kita dalam kesusahan, Melainkan pahala yang berlimpah akan di berikan Nya, ketika kita senantiasa sabar dan tawakal.
Berdo´a lah dengan Ikhlas dan sungguh-sungguh, memohon pada Nya, agar Dia senantiasa menjaga kita dari keputus asaan dan kesedihan yang berkepanjangan.
Karna hanya dengan berdo´a dan memohon kepada Nya lah hati kita akan menjadi tentram.
Dan Allah Ta’ala berfirman:
“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS.Az-Zumar: 10)
“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS.Al-Baqarah: 153)

Wallahu´alam bisshawab.

Sumber : Ummu Mufais (http://www.eramuslim.com/)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar