Selamat Datang di www.elfaizz.blogspot.com semoga apa yang kami suguhkan bermanfaat, Kami mohon ma'af apabila masih banyak kekurangan dan kesalahan, Kritik dan saran sangat kami harapkan

Kamis, 12 Juli 2012

Keutamaan 10 hari pertama ramadhan


Bulan Ramadhan terbagi menjadi 3 fase utama, yaitu 1o hari pertama, 10 hari pertengahan, dan 10 hari terakhir ramadhan.  Pada 10 hari pertama ramadhan telah diriwayatkan sebagai hari-hari diturunkannya rahmat dari Allah kepada manusia. Pada 10 hari pertama ini kita akan banyak mendapatkan limpahan pahala dari berbagai amalan-amalan yang kita lakukan selama berpuasa.
Memang fase-fase awal ini akan menjadi agak berat bagi kita karena merupakan peralihan dari yang sebelumnya makan 3 kali sehari menjadi puasa yang mewajibkan kita menahan lapar dari subuh hingga maghrib. Tapi biasanya setelah 2-3 hari pertama kita sudah terbiasa dengan puasa kita.

وَإِذا قُرِئَ القُرءانُ فَاستَمِعوا لَهُ وَأَنصِتوا لَعَلَّكُم تُرحَمونَ

"Dan apabila dibacakan Al Qur'an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.(Qs Al-A'raf: 7;204 )

إِنَّمَا المُؤمِنونَ الَّذينَإِذا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَت قُلوبُهُم وَإِذا تُلِيَت عَلَيهِم ءايٰتُهُزادَتهُم إيمٰنًا وَعَلىٰ رَبِّهِم يَتَوَكَّلونَ ﴿٢

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabiladisebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepadamereka ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepadaTuhan-lah mereka bertawakal,(Qs Al-Anfal: 8;2 )

Gimana cara memperoleh rahmat:

1. Rahmat adalah kasih sayang Allah, yang Allah berikan kepada hamba-hambaNya yang selalu ingat dan berdzikir kepadaNya dengan ikhlas.

2. Cara memperoleh rahmat adalah dengan ingat dan berdzikir tentang ayat-ayat Allah baik yang tertulis dalam Al-Qur'an dan hadis maupun ayat-ayat berupa ciptaan Allah, dilakukan dengan ikhlas mengharapkan ridha Allah.

3. Akan merasa dekat dengan Allah, sehingga akan dengan ikhlas melaksanakan apa yang Allah perintah dan menjauhi apa yang Allah larang.

2 komentar:

  1. Ane emang suka banget kalo bulan puasa gan :D

    Pahalanyaaaaaaa,

    BalasHapus
  2. Betul sekali...
    Untuk itu persiapkan dari sekarang agar tercapai apa yang kita harapkan.
    Semoga Just copy and leave it !!! dan sobat blogger tetap di berikan kesehatan untuk menyambut Ramadhan.
    Amiiinnnn

    BalasHapus

Photobucket