Selamat Datang di www.elfaizz.blogspot.com semoga apa yang kami suguhkan bermanfaat, Kami mohon ma'af apabila masih banyak kekurangan dan kesalahan, Kritik dan saran sangat kami harapkan

Kamis, 15 September 2011

Menghilangkan Was-was Ketika Shalat

assalamualaikum wr. wb
pak ustad, saya punya masalah besar ketika sholat
entah kenapa selalu saja ada hal yang membuat saya meragukan sholat saya
sebelum ini saya sering merasa buang angin, namun masalah itu telah terjawab dengan hadits dan saya sudah tidak merasa seperti itu lagi.
sekarang masalah saya tambah ruwet
saya sering bingung apakah saya buang angin dari kemaluan atau tidak? karena kan tidak ada bunyinya, sebenarnya buang angin dari kemaluan itu seperti apa si pak? dan apakah membatalkan sholat?
lalu saya sering ragu apakah saya sudah bertakbir atau belum ketika ganti gerakan, sehingga sering dalam satu gerakan bisa 2-3 kali takbir. apakah itu sah?
kemudian saya sering terlupa membaca ha besar dengan ha kecil atau sebaliknya ketika membaca bacaan sholat, saya takut hal itu termasuk ke dalam berbicara ketika sholat, jadinya saya sering mengulang-ulang sholat. benarkah pemikiran saya itu pak? tapi karena begitu memperhatikan bacaan sholat tsb, saya malah jadi tidak khusyu' dan ketika saya khusyu' saya lupa ha besar dan ha kecil itu serta sa, sya ,tsa dan shod.
dan terakhir, saya sering ragu sudahkah saya tumakninah. sehingga saya sering berhenti lamaa sekali ketika ganti gerakan sholat. sebenarnya tumakninah yang benar itu seperti apa pak?
semua pikiran-pikiran itu ada justru ketika saya mengetahui bahwa berbicara dalam sholat itu batal, tidak tumakninah batal, tidak khusyu' tidak diterima sholatnya.
dan jujur semua ini melelahkan. saya lelah mengulang sholat dan itu pun membuang waktu. padahal saya orang yang cukup sibuk. jadinya saya sering merasa terbebani ketika hendak sholat. dan saya takut dengan perasaan saya itu. saya takut mati dalam keadaan sholat dan perasaan seperti ini.
mohon penjelasan dan pencerahannya pak ustad.
terima kasih
wassalamualaikum wr. wb
NR

Jawaban

Waalaikumussalam Wr Wb
Waswasah Didalam Shalat
Waswasah dari sisi bahasa berasal dari kata wiswas yang berarti bisikan jiwa, sebagaimana disebutkan didalam firman Allah swt :
وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ وَنَعْلَمُ مَا تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ
Artinya : “Dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya.” (QS. Qaaf : 16). Dan perkataan seseorang kepada kawannya dengan perkataan tersembunyi… Ia juga berasala dari kata wasawas yang berarti bisikan setan didalam dada seseorang .
Sedangkan dari sisi istilah digunakan oleh para fuqaha didalam beberapa makna :
1. Wawasah adalah bisikan hati, yaitu munculnya keraguan didalam hati; apakah dia dia melakukan atau tidak melakukan.
2. Waswasah adalah apa yang dibisikan setan didalam hati manusia.
3. Waswasah adalah kehati-hatian yang berlebihan didalam hati manusia sehingga dia melakukan sesuatu kemudian hatinya dikalahkan lalu meyakini bahwa ia belum melakukannya lalu mengulanginya lagi hingga berkali-kali…. (al Mausu’ah al Fiqhiyah 101/1)
Berbagai perasaan yang kerap kali muncul dan menggangu anda didalam shalat adalah waswasah yang dibisikan setan didalam hati anda untuk memalingkan kekhusyuan, thuma’ninah atau menghilangkan kehadiran hati anda didalamnya. Dan setiap orang yang mendapatkan perasaan ini didalam shalatnya maka diharuskan untuk melawan dengan mengabaikannya.
Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Utsman bin ‘Affan bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,"Barangsiapa berwudlu seperti wudluku ini, kemudian dia shalat dua rakaat dan tidak berbicara antara keduanya, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni."
Berbagai perasaan waswasah yang muncul didalam shalat anda, seperti : sudah mengucapkan takbir atau belum? Betul atau tidakkah saya mengucapkan huruf-huruf bacaannya? Keluar angin atau tidak? maka diharuskan bagi anda untuk meninggalkan dan mengabaikannya dan meneruskan shalat anda kecuali jika anda mencium bau atau mendengar suaranya.
Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Apabila salah seorang dari kalian mendapatkan sesuatu yang kurang beres dalam perutnya, lalu rancu baginya perkara tersebut, apakah keluar atau tidak, maka janganlah dia keluar dari masjid hingga dia mendengar suara (kentut) atau mendapatkan baunya."
Hukum Angin yang Keluar dari Kemaluan Didalam Shalat
Para ulama berbeda pendapat tentang hukum angin yang keluar dari kemaluan seorang wanita, apakah ia membatalkan wudhu atau tidak?
Para ulama Syafii dan Hambali berpendapat bahwa ia membatalkan wudhu sedangkan para ulama Hanafi dan Maliki berpendapat bahwa ia tidaklah membatalkan wudhu.
al Lajnah ad Daimah didalam fatwanya No. 7044 tentang permasalahan angin yang keluar dari kemaluan seorang wanita ini maka dijawab bahwa hal demikian tidaklah membatalkan wudhu.
Wallahu A’lam

(http://www.eramuslim.com/)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar