Selamat Datang di www.elfaizz.blogspot.com semoga apa yang kami suguhkan bermanfaat, Kami mohon ma'af apabila masih banyak kekurangan dan kesalahan, Kritik dan saran sangat kami harapkan

Jumat, 06 April 2012

MANFAAT BEKAM ( AL HIJAMAH )

Bagaimanakah manfaat bekam bagi kesehatan kita? Bekam adalah pengobatan yang sangat dianjurkan oleh Nabi SAW. Hal ini karena teryata terapi bekam terbukti dapat mengobati berbagai macam penyakit. Baik itu penyakit yang terjadi akibat terganggunya peredaran darah seperti tekanan darah tinggi, hipertensi, kolesterol dan asam urat, maupun penyakit yang terjadi karena gangguan fungsi organ tubuh seperti sakit jantung, sakit maag, vertigo maupun sakit pencernaan.

Manfaat Bekam dapat menyembuhkan penyakit karena pada dasarnya pada terapi bekam terjadi tiga hal prinsip penyembuhan, yaitu :
1. Pengeluaran toksin dan darah kotor. Dengan dikeluarkannya toksin dan darah yang rusak atau tidak bagus kinerjanya maka tubuh akan lebih segar dan sehat.
2. Perbaikan fungsi organ tubuh. Organ tubuh yang terganggu fungsinya akan disembuhkan dengan cara perbaikan jaringan dan sel yang ada padanya sehingga bisa berfungsi dan sehat kembali.
3. Penambahan antibodi tubuh. Organ tubuh yang terinfeksi kuman penyakit dapat sembuh secara alami karena tubuh memproduksi zat antibodi yang bisa membunuh kuman penyakit yang merugikan. Jika organ tubuh sudah bebas dari infeksi penyakit maka tubuh pun akan sehat lagi

Berikut ini manfaat bekam – manfaar bekam dalam menyembuhkan penyakit :
Ambeien atau Wasir -Insomnia- Narkoba
Asam urat -Jantung- Nyeri di Dada
Batuk -Jerawat- Parkinson
Darah tinggi -Jerawat Batu -Prostat
Detoksifikasi-Buang Racun -Kegemukan- Rheumatik
Diabetes melitus -Kesemutan- Sakit gigi
Epilepsi -Kolesterol- Sakit kepala
Ginjal -Liver- Sakit mata
Hepatitis -Maag- Sinusitis
Impotensi -Migrain- Stroke
Vertigo -Thypus- Susah buang air besar
dan lain-lain penyakit sampai dengan sebanyak 70 penyakit.

Bekam tidak hanya berfungsi menyembuhkan, namun juga memiliki manfaat dalam hal pencegahan dari munculnya berbagai macam penyakit yang bisa menyerang manusia dikemudian hari.

Bekam berfungsi untuk melancarkan system peredaran darah. Dalam hal penyembuhan, Rasulullah SAW mengisyaratkan ada 72 macam penyakit yang bisa disembuhkan dengan berbekam diantaranya : masuk angin, darah tinggi, kolesterol tinggi, stroke, jantung, asam urat, rematik, migrein, vertigo, sakit gigi, mata, asma, biduran, radang ginjal, nyeri tulang belakang, nyeri lambung, wasir, mandul, liver, epilepsy, dll.Titik bekam pada umumnya adalah untuk meringankan gangguan pada organ dan syaraf bila di-bekam pada tempat gangguan, terutama karena gangguan kelebihan darah atau darah kotor atau kedua-duanya. Titik-titik bekam yang disukai Rasulullah SAW, yaitu :Bekam atas dua urat leher :· Mencegah sakit kepala.· Mencegah sakit di wajah.· Mencegah sakit gigi.· Mencegah sakit telinga.· Mencegah sakit hidung.· Mencegah sakit kerongkongan.Bekam pada tengkuk / kuduk :· Mencegah tekanan darah pada tengkuk.· Mengatasi rabun.· Mengatasi benjolan di mata.· Mengatasi rasa berat pada alis dan kelopak mata.· Mengatasi penyakit mata lainnya.· Mengobati lepra.· Mengobati berbagai macam penyakit.Diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim bahwa : "Rasulullah SAW pernah menggunakan hijamah (bekam) atas tiga bagian tubuh, bagian atas tulang belakang dan atas dua urat leher."Bekam pada pelipis :· Mengobati sakit kepala.· Mengobati sakit di wajah.· Mengobati sakit telinga.· Mengobati sakit hidung.· Mengobati sakit kerongkongan.Bekam pada pundak :· Mengobati penyakit di pundak.· Mengobati sakit di leher.Diriwayatkan dalam Shohih Bukhori dan Muslim dari Ibnu Abbas r.a., bahwa Rasulullah SAW pernah melakukan bekam sebanyak 3 kali pada 2 pelipis dan pundaknya.Bekam di atas pinggul :· Menghilangkan pegal-pegal.· Menghilangkan kelelahan.Dalam Sunan Abu Dawud disebutkan dari hadist Jabir bahwa Rasulullah SAW pernah melakukan bekam di bagian atas pinggulnya karena sakit pegal-pegal yang dideritanya.Bagian lain tubuh boleh di-bekam sesuai tempat sakitnya selama bukan area yang dilarang di-bekam.Haruskah sebulan sekali kita di-bekam ?Jika kita ingin terbebas dari gangguan penyakit yang diakibatkan darah kotor atau sebagai usaha dan tindakan penjagaan dan kewaspadaan kita terhadap penyakit, maka sangat baik bekam dilakukan sebulan sekali. Sementara jika tubuh rasa tidak enak, jangan menunda untuk segera melakukan berbekam.
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan rutin melakukan terapi bekam , kita bisa memetik manfaat bekam dalam kerangka menjaga kesehatan. Yang demikian itu mengikut cara rasul dalam menjaga kesehatan.

di ambil dari berbagai sumber
Reaksi:

5 komentar:

  1. teringat waktu dipasar nich...thank dah imponya

    BalasHapus
  2. Masama......
    semoga bermanfaat, n sampaikan pada yang lain apabila di rasa ini baik.
    terimakasih.

    BalasHapus
  3. saya sering dibekam kering kalo masuk angin,, pernah bekam basah 2 kali :D

    BalasHapus
  4. iya banyak manfaatnya , tapi ane sendiri sampa sekarang blm pernah coba :)

    makasih kang sharingnya

    BalasHapus
  5. Saya sudah merasakan manfaatnya,
    jadi gak usah ragu ya Sob.
    Insya Alloh kita kan terasa lebih sehat.
    terimakasih....

    BalasHapus